Jambu Citra Pak Wayan Tinading Bebas Festisida, Manis dan Empuk Di Lida

Kliknusantara.com | LAMPASIO – Menikmati buah Jambu Citra milik Pak Wayan dan Bu Kadek di Tinading, akan memberi sensasi tersendiri di lida anda. Jambu Citra itu memiliki rasa yang manis, empuk dan pastinya segar.

Ditemui Awak Liputan Desa Membangun di rumahnya, Sabtu (14/11/2020) pagi di samping Kantor Kecamatan Lampasio, Pak Wayan ditemani istrinya Bu Kadek, sedang sibuk memanen Jambu Citra hasil tanamannya sendiri.

Warga Dusun 2 Tinading itu bercerita banyak tentang jambu yang sedang dipanenya. Buahnya besar-besar dan diburu pembeli dari berbagai daerah. Selain dari Tolitoli sendiri, kebanyakan mereka dar Buol dan Gorontalo.

Sayangnya jumlah pohon jambu miliknya hanya 3 pohon. Kendati demikian pasangan suami istri itu mengaku hasilnya cukup untuk kebutuhan dapur.

“Hasilnya lumayan. Bisa buat beli beras,” Kata Bu Kadek yang diangguki suaminya.

Diungkapkannya, satu pohon jambu bisa menghasilkan buah hingga 100 Kg dalam satu musim buah. Setahun jambu itu berbuah 2 kali.

Harga jualnya terbilang lumayan. Jambu Citra itu laku dijual seharga 20.000/Kg.

Menurutnya, selain rasa yang enak, segar dan manis, jambu citra milik pak Wayan aman dan sehat dikonsumsi. Itu karena pengendalian hamanya tidak memakai insektisida maupun Festisida.

Pengendalian hama yang di aplikasikan dengan metode sarungisasi. Metode ini, buah jambu di bungkus dengan plastik agar tidak terserang musuh utamanya, hama ulat.

Pak Wayan maupun Bu Kadek berharap pohon jambu miliknya berbuah lebih lebat dan panen banyak kali dalam setahun…….(Aby).

#Desa Membangun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pimpin PII Kaltim, Cahyo Siap Bangun Gerakan Kolaborasi

Mon Nov 16 , 2020
Kliknusantara.com | Konferensi Wilayah (Konwil) Pelajar Islam Indonesia (PII) Kalimantan Timur hari ini usai, Senin (16/11/2020). Forum musyawarah yang dihadiri 7 Pengurus Daerah PII Se Kalimantan Timur itu menghasilkan kepemimpinan baru PII Kaltim. Arif Cahyo Pratama diamanahkan sebagai nakhoda baru. Dalam sambutannya, Cahyo menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT dan […]