Jadi Langganan Banjir, Pemerintah Desa Pomayogon Minta Pemda dan Pusat Turun Tangan

Yunus. M. Sariuh, Kepala Desa Pomayogon Kecamatan Momunu Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah.

Kliknusantara.Com, Pomayogon-Buol | Posisinya yang diapit dua sungai besar, Sungai Buol Dan sungai Negeri Lama, sebabkan Desa Pomayogon Kecamatan Momunu Kabupaten Buol jadi langganan banjir. Di desa ini banjir sudah sangat ‘familiar’.

Banjir bukan hal yang mengejutkan bagi warga Pomayogon.. Hanya saja dengan kehadiran banjir itu menyulitkan warga beraktifitas untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Ketika musim penghujan tiba, banjir di desa ini sudah menjadi tamu rutin, genangan air di dalam rumah memvapai 1 meter. Bahkan yerkadang lebih dari 1 meter.

“Desa kami benar diapit Dua sungai besar,” kata Kades Pomayogon, Yunus M. Sariuh di Kantornya, Sabtu (12/9/2020).

Yunus merasa kasihan melihat masyarakatnya setiap ingin menggarap sawahnya, selalu di hantui rasa takut gagal panen yang disebabkan banjir ketika hujan turun.

Kades becerita, pengalamanya di tahun 2019 lalu, masyarakatnya menggarap sawah seluas 30 Ha di bantu aparat TNI memakai alat berat jenis Eksafator. Belum sampai musim panen tiba sawah tersebut lebih dulu disapu banjir sampai tak bisa dinikmati hasilnya.

Saat menerima Tim Liputan Desa Membangun Kliknusantara.com, Kades Yunus mengutarakan harapannya agar pemerintah daerah dan pemerintah pusat mengulurkan tangan untuk mengatasi banjir di desanya.

“Saya sangat mengharapkan bantuan pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk memberikan solusi mengatasi banjir di desa ini,” ujar Yunus M Sariuh, Kepala desa Pomayogon.

“Untuk mengatasi banjir itu, perlu ada pembuatan saluran pembuangan air ke sungai besar atau langsung dibuang ke laut,” cetus Yunus dengan raut wajah penuh harap. (RuslinN)

35b24349cfd79c2fca67650b87d971df

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Belum Juga Direspon Pemda Tolitoli, Banjir Kembali Beraksi Dan Hantam Rumah Penduduk Sekitar Jembatan Ambruk

Sat Sep 12 , 2020
Kliknusantar.com, OgoweleTolitoli | Banjir susulan yang terjadi pada Sabtu (12/9/2020) pukul 14.20 kembali mengejutkan masyarakat yang bermukim disekitar jembatan ambruk Dusun 3 Bumi Angin Desa Ogowele Kec. Dondo, Kab. Tolitoli. Belum adanya penangan serius dari pihak terkait membuat masyarakat disekitar Jembatan yang ambruk beberapa hari berselang, menjadi resah dikarenakan plat […]