Harga Jagung Dan Kelapa Bundar Naik, Petani Kongkomos Kembali Bersemangat

Pembeli kelapa bundar di Desa Kongkomos Kec. Basi Dondo Kabupaten Tolitoli kembali beroperasi dengan harga lebih membuat petani bersemangat setelah pemberlakuan New Normal Tolitoli.


Kliknusantara.Com [Kongkomos-Tolitoli] – Pasca pemberlakuan New Normal, harga komoditi jagung kering dan kelapa bundar di Desa Kongkomos kembali meningkat.

Informasi dari petani, sebelum pemberlakuan new normal, khusus harga jagung kering sempat turun sampai Rp 2.000 per Kg. Tapi kini, harga sudah kembali seperti dulu Rp 2.700 per Kg.

Dengan meningkatnya harga jagung kering tersebut, para petani di Desa Kongkomos kembali bersemangat dan mulai menyiapkan penanaman kembali.


Karim Rasud, Mustafa dan sejumlah petani jagung lainnya asal Desa Kongkomos mengaku sudah aktif kembali di kebun menyiapkan penanaman jagung lagi. Sebelumnya, mereka mengaku sempat lesu karena harga turun, tapi kini sdh semangat kembali.


Seirama dengan harga jagung, kelapa biji, kini juga ikut meningkat dari sebelumnya cuma Rp 1.000 per Kg, kini sudah mencapai Rp 1.600 per Kg.


Kembalinya semangat petani dengan meningkatnya harga komoditi tersebut, membuat Kades Kongkomos, Drs. Moh. Nur merasa bersyukur.

“Merasa bersyukur karena sumber penghasilan warga terutama jagung dapat bergairah kembali,” ungkap Kades Kongkomos kepada media ini Sabtu sore (13/6/2020)

Menurut Kades, pasca ambruknya produksi kakao, para petani di desanya hampir semua beralih ke tanaman jagung sehingga sumber penghasilan utama mereka adalah dari jagung.

Kades pun berharapnya agar Pemerintah Kabupaten bisa melirik komoditas ini sebagai salah satu sumber penghasilan yang bisa dikembangkan di daerah ini……(Red).

35b24349cfd79c2fca67650b87d971df

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Gubernur Gorontalo Turun Ke Lokasi Terdampak Banjir Sekaligus Beri Bantuan

Sat Jun 13 , 2020
Kliknusantara.com [Gorontalo] – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meninjau lokasi tanggul yang ada di Desa Masiaga, Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango, Sabtu (13/06/2020). Sebelumnya Gubernur Rusli menyerahkan bantuan bagi korban terdampa bencana banjir di Kecamatan Bone, Bone Bolango. Bantuan diserahkan secara simbolis kepada perwakilan masyarakat. Hujan mengguyur wilayah Kecamatan Bone pada […]