Hadiri Workshop, Marten Sebut Kota Gorontalo Jarang Terjadi Konflik

Marten Taha Saat menjadi Keynote Speaker pada kegiatan Workshop Pemajuan Kebudayaan di Universitas Hasanuddin Makassar.

PROSESNEWS.ID – Identitas Gorontalo identik dengan menggambarkan sebuah etnik di Nusantara. Begitu juga jika dilihat, budaya yang ada di Gorontalo dikenal sangat kental dengan kombinasi nuansa adat dan budaya.

Hal ini disampaikan Marten Taha dalam sambutannya pada Pembukaan Workshop Pemajuan Kebudayaan Kerjasama Pemerintahan Kota Gorontalo dan Program Studi S3 Antropologi.

“Selain itu masyarakat Gorontalo memiliki sendi-sendi kehidupan yang sangat religius dan penuh tatanan nilai luhur,” ucap Marten.

Marten menambahkan, hal tersebutlah yang menjadikan etnis Gorontalo sebagai masyarakat yang memiliki rasa sosial yang tinggi. Sehingganya jarang terjadi konflik di antara masyarakat Gorontalo itu sendiri.

“Bukan sekedar itu, sistem kekerabatan yang sangat erat tetap dipelihara dan tradisi gotong royong tetap lestari dalam kehidupan masyarakat,” tambah Waketum APEKSI.

Marten juga menuturkan, kehidupan masyarakat di Gorontalo, adat dipandang sebagai suatu kehormatan adab dan norma. Sebagaimana dinisbatkan dalam sebuah ungkapan yaitu adat bersendi sara dan sara bersendi kitabullah.

“Makna dari ungkapan ini adalah adat yang dilaksanakan berdasarkan sara (aturan), sedangkan aturan ini harus berdasarkan Al-Qur’an,” tandasnya.

Reporter : Reza Saad

The post Hadiri Workshop, Marten Sebut Kota Gorontalo Jarang Terjadi Konflik appeared first on Prosesnews.id.

Read More

The post Hadiri Workshop, Marten Sebut Kota Gorontalo Jarang Terjadi Konflik appeared first on SAREKAT ID.

Read More

The post Hadiri Workshop, Marten Sebut Kota Gorontalo Jarang Terjadi Konflik appeared first on SAREKAT ID.

Read More

Next Post

Sri Mulyani Usulkan Tarif Pajak Mobil Listrik Naik

Mon Mar 15 , 2021
Menkeu Sri Mulyani mengusulkan perubahan PP 73/2019 terkait tarif PPnBM untuk mobil listrik mulai dari 5 persen hingga 14 persen.Read More The post Sri Mulyani Usulkan Tarif Pajak Mobil Listrik Naik appeared first on SAREKAT ID. Read More