Tegaskan Palu, Poso dan Buol Zona Transmisi Lokal, Gugus Tugas Covid-19 Sulteng: Hasil Penelitian Epidemologi

Kliknusantara.com [SULTENG] – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sulawesi Tengah menegaskan bahwa Kota Palu dan Kabupaten Poso serta Kabupaten Buol adalah daerah zona transmisi lokal.

Penegasan itu disampaikan dr. Jumriani selaku Juru Bicara Teknis Gugus Tugas Penanganan Covid -19 Propinsi Sulawesi Tengah menanggapi adanya silang pendapat di tengah masyarakat melalui siaran persnyadi Kota Palu, Kamis (28/5/ 2020).

Jumriani menolak pendapat yang mempersoalkan status Palu, Poso dan Buol masuk kategori zona transmisi lokal. Penetapan itu kata Jumriani merupakan hasil penelitian Epidemologi.

“Yang menyatakan daerah tersebut masuk zona transmisi lokal adalah hasil penelitian Epidemologi yang dilakukan oleh daerah tersebut dalam hal ini Dinkes Kota Palu, Poso dan Buol yang dilaporkan ke Pusat sehingga atas hasil penelitian, tersebut di tetapkan sebagai daerah zona transmisi lokal,” tandas Jumriani dalam siaran persnya. 

“Olehnya kalau ada daerah seperti Kota Palu tidak sependapat dengan hal tersebut yang menyatakan Kota Palu sudah transmisi lokal sebaiknya disampaikan  Kepada Kementrian Kesehatan,” tambahnya.

Terkait ungkapannya itu, Jubir Gugus Tugas Covid-19 Sulteng itu melampirkan dokumen hasil penelitian yang dimaksudkan sebagai dasar penetapan status daerah zona transmisi lokal.

Lebih lanjut dr. Jumriani menyampaikan bahwa melihat Penyebaran Covid -19 di Sulawesi Tengah perlu kepastian, sehingga dilakukan Rapid Tes secara masif.

“Syukur beberapa daerah sudah melaksanakan Rapid Tes secara masif seperti Buol, Toli-toli, Poso, Parigi Moutong dan beberapa daerah lainnya   dan Gugus Tugas Provinsi mensuport pelaksanaanya,” jelasnya.

Masih menurut dr. Jumriani, saat ini ada pendapat bahwa Dinkes Propinsi melakukan interpensi kepada Kota Palu untuk melakukan Rapid Tes Masif. Ia pun kembali menegaskan bahwa anggapan tersebutkeliru.

Kendati demikian, dr. Jumriani mengakui bahwa memang benar di daerah yang masuk transmisi Lokal, Buol, Poso dan Kota Palu dihimbau untuk melakukan Rapid Tes secara masif, Sehingga menurutnya himbauan itu bukan hanya untuk Kota Palu.

“Yang kita takutkan adalah OTG yang akan menjadi penyebab Penularan sehingga dikwatirkan akan terjadi penularan yang sangat besar,” imbuhnya .

Jubir Gugus Tugas Penangan Covid-19 itu pun juga menegaskan bahwa pelaksanaan Rapid Tes akan didukung sepenuhnya oleh Gugus Tugas Covid -19 Provinsi Sulteng……. (Ma’ruf Asli).

35b24349cfd79c2fca67650b87d971df

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Napi Asimilasi Kembali Berulah, Gasak Perelngkapan Salon, Diciduk Tim Anti Bandit Polsek Teluk Mengkudu

Thu May 28 , 2020
Tersangka Mario Situmorang, Residivis kasus pencurian yang masih status Napi Asimilasi, kembali tertangkap pada Rabu, 27 Mei 2020 Kliknusantara.com [Sergai-Sumut] — Setelah satu bulan keluar dari penjara Lapas kelas II Tebing Tinggi melalui program asimilasi dari pemerintah, MS alias Encep (17) kembali di tangkap team khusus anti bandit (TEKAB) Polsek […]