Gereja Di Berlin Dipakai Jum’atan Akhir Ramadhan, Begini Sebabnya

Kliknusantara.com [Berlin-Jerman] – Reuters menurunkan laporan megenai gereja di ibu kota Jerman, Berlin, membuka pintunya bagi jamaah Muslim untuk Sholat Jum’at diakhir Bulan Romadhon pada Jum’at (22/5/2020).

Pihak Gereja memberi tempat jamaah Masjid Dar Assalam di distrik Neukölln yang tidak cukup tempat untuk beribadah di masjid disebabkan aturan jarak sosial.

Seperti dilansir BBC yang dikutip Hidayatullah.com, Pemerintah Jerman sejak 4 Mei memperbolehkan rumah-rumah ibadah kembali melakukan aktivitas, tetapi orang yang beribadah diharuskan menjaga jarak 1,5 meter antara satu dengan lainnya.

Dengan kondisi itu, Gereja Martha Lutheran di Kreuzberg menawarkan tempatnya dipakai shalat Jumat terakhir bulan Ramadhan.

“Ini pertanda yang bagus sekali dan membawa kegembiraan di bulan Ramadhan dan di tengah krisis,” kata imam Masjid Dar Assalam.

“Rasanya agak aneh dikarenakan adanya peralatan musik, gambar-gambar [di dalam gereja],” kata jamaah bernama Samer Hamdoun, menyoroti perbedaan kontras ruangan gereja dengan masjid.

“Namun ketika Anda lihat, apabila Anda melupakan hal-hal detil kecil itu, pada akhirnya tempat ini adalah rumah Allah,” tambahnya.

Pastor gereja itu ikut menghadiri shalat Jumat itu, yang juga diikuti jamaah wanita Muslim.

“Saya memberikan ceramah dalam bahasa Jerman,” kata Monika Matthias.

“Dan saat doa diucapkan, saya hanya dapat mengatakan ya, ya, ya, sebab kita memiliki tujuan yang sama dan kami ingin belajar dari kalian. Dan sangat indah bisa merasakan seperti itu satu sama lain,” katanya lebih lanjut….(Red).

35b24349cfd79c2fca67650b87d971df

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Sehari Jelang Idul Fitri, BLT Telah Disalurkan Pada Dua Desa Ini Di Kecamatan Tirtamulya

Tue May 26 , 2020
Kades Tirtasar, Tuti Komala disaksikan Camat Dindin Rachmady dan personil TNI dan Polri saat memberikan BLT kepada warga penerima pada Sabtu 23 Mey 2020 Kliknusantara.com [Tirtamulya-Karawang] – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Dua desa wilayah Kecamatan Tirtamulya kembali disalurkan Sabtu (23/5/2020) Kedua desa yang melakukan penyaluran BLT sehari jelang […]