Gegara Covid-19, Tradisi Lebaran Ketupat Tanpa Festival Dirumah Masing-masing

Kliknusantara.com [Gorontalo] – Lebaran Ketupat tradisi yang sering di adakan dari tahun ke tahun oleh masyarakat Jawa di daerah Gorontalo kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Jika biasanya diwarnai dengan berbagai macam kegiatan perayaan dan festival pacuan kuda, kali ini festival tersebut di tiadakan.

Berdasarkan surat edaran Bupati Gorontalo tanggal 27 Mei 2020 bahwa lebaran ketupat boleh di laksanakan hanya di rumah masing-masing tanpa mengundang masyarakat dari daerah lain.

Meskipun demikian yang di undang pun hanya terbatas guna menghindari kerumunan. Do’a yang biasa di adakan di Masjid pun di minta hanya di laksanakan dalam bentuk sederhana.

Hari raya ketupat adalah tradisi turun temurun yang tidak hanya dijumpai di Gorontalo namun seluruh nusantara. Akan tetapi di Gorontalo menjadi sangat khusus dan memberi kesan tersendiri dengan berbagai acara perayaan sertaannya.

Di mana festival yang sering di adakan adalah pacuan kuda, semarak makan ketupat sebanyak 1.000 ketupat juga perayaan lainnya seperti panjat pinang, tarik tambang dan berbagai macam kegiatan di lakukan pada hari itu.

Bagi warga Gorontalo, lebaran ketupat menandakan berakhirnya ibadah puasa sunnah di bulan syawal. Olehnya masyarakat senantiasa tetap mengadakan tradisi ini meskipun hanya dari rumah masing-masing tanpa kehadiran orang dari luar daerah Gorontalo….. (Zulkarnain).

35b24349cfd79c2fca67650b87d971df

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Antar Pesanan, Kurir Sabu Diciduk Tekab Polsek Perbaungan

Fri May 29 , 2020
Kliknusantara.com [SERGAI] — Team Khusus Anti Bandit (Tekab) Polsek Perbaungan berhasil meringkus terduga kurir sabu di Dusun I, Desa Jambur Pulau, Kec. Perbaungan, Kab. Serdang Bedagai, Rabu (27/4/2020) sekira pukul 15:00 WIB Tersangka yakni Saiful alias iful, (49) warga Dusun I, Desa Jambur Pulau, Kec. Perbaungan, Kab. Serdang Bedagai ,Hasil […]