Dukung Ketahanan Pangan, Lapas Tolitoli Bekali WBP Asimilasi Bercocok Tanam

Kliknusantara.Com | TOLITOLI-SULTENG – Lembaga Pemasyarakatan Lapas Kelas IIB Tolitoli memberikan pembinaan Warga Binaan Pemasyarakatan(WBP) dalam bentuk bercocok tanam dan lainnya.

Langkah itu sekaligus bentuk dukungan terhadap program pemerintah kaitannya dengan ketahanan pangan.

Kepala Lapas Kelas II B Tolitoli, Gamal Bardi, SH., BCIp., mengatakan ketahanan pangan merupakan salah satu bagian dari 15 (lima belas) poin Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020 oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

Penjelasan itu disampaikan Kalapas kepada Kliknusantara.com pada kegiatan Penanaman Jagung Perdana di Tolitoli, Rabu (12/8/2020).

Agenda ketahanan pangan tersebut menurut Kalapas dipadukan dengan program asimilasi bagi warga binaan. Hal itu merupakan proses pembinaan WBP dengan tujuan memberikan bekal kerja untuk persiapan WBP saat nanti kembali ke masyarakat.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai bentuk pembinaan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) melalui aktivitas perikanan, perkebunan dan pertanian,” ungkap Gamal Bardi.

“Saat bebas nanti, mereka mempunyai keahlian yang berguna saat kembali ke masyarakat terutama untuk mencari kerja,” tambahnya.

Di Lapas Tolitoli terdapat tiga perkebunan, masing-masing berada di blok dalam lapas, blok luar lapas, dan di lahan yang berada di luar lapas. Semua kebun dikelola oleh WBP.

Jenis tanaman yang dibudidayakan cukup beragam. Kebun di dalam areal Lapas ditanami sawi, lombok, tomat, pepaya, dan terong. Sedangkan di perkebunan luar lapas ditanami jagung, lombok, dan timun.

Pihak Lapas Tolitoli melibatkan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura setempat. Selain itu juga melibatkan Kelompok Tani Bersatu di Desa Lelean Nono….. (Redaksi).

35b24349cfd79c2fca67650b87d971df

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Dimasa AKB, Batalyon A Pelopor Brimob Banten Rutin Laksanakan Sosialisasi

Wed Aug 12 , 2020
Kliknusantara.Com | KOTA SERANG – Sebanyak 6 personel Batalyon A Pelopor Sat Brimob Banten melaksanakan patroli dalam rangka Ops Aman Nusa II Satgas 6 wilkum Polda Banten, Rabu (12/08/2020) pukul 08.00 wib. Komandan Satuan Brimob Polda Banten Kombes Pol Dwi Yanto Nugroho mengatakan kegiatan patroli ini dalam rangka sosialisasi untuk […]