Dinas Koperasi UMKM Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengurus Koperasi

Moh. Asrul Bantilan, S.Sos, Pj Sekab Tolitoli saat membuka kegiatan pelatihan perkoperasian, Senin 28 September 2020

Kliknusantara.com | TOLITOLI – Dinas Koperai UMKM Kabupaten Tolitoli bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UMKM RI melalui DAK non fisik berupaya meningkatkan kemampuan dan keterampilan sumber daya manusia anggota/pengelola/pengurus koperasi melalui pelatihan-pelatihan perkoperasian.

Pelatihan yang dimulai hari ini dan di buka Pj. Sekda Tolitoli itu bertujuan agar para peserta dapat berkembang dan meningkat kualitasnya.

Pelatihan ini dilaksanakan di Hotel Bumi Harapan dan Hotel Suryadi Tokitoli selama 3 hari dimulai pada tanggal 28-30 Septembee 2020.

Sasaran utamanya adalah anggota / pengelola dan pengurus koperasi. Jumlah peserta pada pelatihan ini sebanyak 60 orang.

Pj. Sekertaris Kabupaten Tolitoli, Moh.Asrul Bantilan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap agar dapat menambah wawasan, pengetahuan dan pengalaman mengelola koperasi.

”Koperasi yang ada mampu mengetahui lebih jauh fungsi dan tugas pokoknya, sehingga dalam pengelolaannya dapat memperkecil kesalahan administrasi maupun manajemennya, sehingga koperasi yang bertujuan memajukan  anggotanya dapat sejahtera,” ungkap Asrul saat membuka pelatihan pada Senin (28/9/2020).

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi UMKM Tolitoli, Lukman Abdullah, mengemukakan maksud kegiatan sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang dasar-dasar perkoperasian, administrasi, dan manajemen usaha.

“Selain itu tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan jumlah koperasi aktif secara usaha dan kelembagaannya, meningkatkan peran serta koperasi dalam perkonomian masyarakat, dan meningkatkan kapasitas koperasi melalui kegiatan pendampingan perencanaan dan manajemen usaha produk dan laporan keuangan koperasi,” terang Lukman.

Hadir sebagai narasumber dari CV. Jaringan Infotama Palu, Risna Yustice Lintang,S.Kom dan dari Dinas Koperasi UMKM Tolitoli, Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi, Markus D. Tofan, Bidang Pengawasan Koperasi, Drs.Ali Sadik, Bidang UMKM Abdul Haris,SE.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam masa Pandemi Covid-19 itu tetap menerapkan protokol Kesehatan seperti physical distancing, mencuci tangan sebelum memulai kegiatan dan memakai masker…. (Ans)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Didampingi Kapolres, Bupati Buol Turun Ke Pasar Himbau Pedagang Tak Gelar Dagangan Di Trotoar

Mon Sep 28 , 2020
Kliknusantara.com | BUOL – Bupati Buol, dr. H. Amirudin Rauf bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), turun ke pasar lama Buol yang berlokasi di Keluarahan Buol Kecamatan Biau Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah pada Senin (28/9/2020) Saat berada di lokasi tersebut, Bupati Buol menghimbau agar pedagang tidak menggelar dagangannya di […]