Danau Toga Kembali Jadi Rumah Ikan, Warga Tak Boleh Gunakan Pukat, Ini Alasannya

Kliknusantara.com [Betengon-Tolitoli] – Danau Toga kinibdapat tambahan penghuni baru. Sebanyak 7.500 ekor bibit ikan dilepas dalam danau tersebut.

Beberapa waktu lalu biota dalam Danau Toga musnah. Diperkirakan Ratusan Ribu ikan dari berbagai jenis mati mengapung dan membusuk di danau yang memiliki nilai eksotis di Kecamatan Dondo itu.

Akibatnya semua aktivitas warga Betengon terhenti di Danau itu. Padahal sebagian besar warga menggantungkan penghasilannya dari danau tersebut. Utamanya para nelayan maupun pelaku pariwisata.

Kepala Desa Betengon, Naharuddin kepada Kliknusantara.com, Jumat baru-baru ini (12/6/2020) mengungkapkan jika di Danau Toga baru saja dilakukan pelepasan benih sebanyak 7.500 ekor. Bibit ikan itu bantuan Dinas Perikanan Provinsi Sulawesi Tengah.

Naharudin mengatakan, pelepasan ikan di lakukan oleh petugas dari Dinas Perikanan Provinsi.

Hadir dalam acara itu, Wakil Ketua DPRD Tilitoli, Jemy Yusuf serta didampingi Sekcam Dondo, Idris Langgai. Kegiatan itu juga melibatkan Pemdes, BPD Desa Betengon dan warga Desa Betengon.

“Satu minggu yang lalu Dinas Perikanan lakukan pelepasan bibit ikan di lokasi wisata Danau toga,” ungkap Naharudin saat menerima awak media ini di Balai Desa Betengon.

Dikatakannya, Pemdes bersama warga sangat berterimah kasih atas bantuan benih ikan mas yang di berikan itu. Ia pun berterimakasih juga atas lehadiran wakil ketua DPRD Tolitoli.

Setelah pelepasan bibit ikan ke Danau Toga itu, masyarakat dilarang menangkap ikan dengan menggunakan pukat. Meraka pun saling menghimbau dengan warga lainya agar tidak melakukan penangkapan ikan di danau toga dengan alat tersebut.

Senada dengan Kades, Sekdes Betengon, Edy Sudding mengatakan warga mematuhi dan menyaati larangan tersebut. Ia pun mengapresiasi sikap.masyarakat yang dinilainya cukup patu dan mau saling mengingatkan.

“Kesadaran warga agar tidak melakukan penangkapan ikan di danau pakai pukat sampai Tiga Bulan ke depan timbul dengan sendirinya. Mereka seperti itu tanpa adanya himbauan pangsung dari dari pemdes,” ujarnya…,. (Abi).

35b24349cfd79c2fca67650b87d971df

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Berlanjut, Liga Spanyol Dilangsungkan Pekan Ini, Berikut Hasil Sementara

Mon Jun 15 , 2020
Kliknusantara.com [Spanyol] – Liga Spanyol kembali dilanjutkan pekan ini setelah tiga bulan diliburkan karena pandemi COVID-19, Laliga kembali dengan menjalani laga jornada ke-28, berikut ulasannya. Dikutip dari Detiksport, Sepak mula Liga Spanyol diawali dengan derby Andalusia antara┬áSevilla┬ávs Real Betis, atau biasa disebut El Gran Derbi. Tuan rumah berhasil menjaga kehormatan […]