Dampak Positif Perdes Ternak Desa Stadong Mulai Nyata Bagi Warga Petani

Amirudin, petani yang berhasil menuai kebun kacang tanah yang melimpah dampak dari pemberlakuan Perdes Ternak

Kliknusantara.com | Dampal Utara – Dampak positif Peraturan Desa (Perdes) Desa Stadong mulai nyata dirasakan warganya, khusunya bagi petani. Kegiatan perkebunan dan pertanian berangsur pulih. Lahan yang biasanya terlantar kini nama pak menghijau degan tanaman.

Sejak diberlakukannya Perdes Ternak beberapa bulan lalu, warga petani giat bercocok tanam. Kebun mereka mulai menghasilkan dengan panen yang menggembirakan.

Salah seorang petani Desa Stadong yang merasakan dampak positif itu adalah Amiruddin. Warga Dusun Bantoli ini menuturkan bahwa dirinya merupakan satu dari sekian banyak warga yang menikmati dampak positif Perdes Ternak yang diterapkan Kepala Desanya, Amran Halim.

Amiruddin yang berbincang dengan awak Liputan Desa Membangun dari media ini pada Rabu (27/01/2021) pagi di pekarangan rumahnya mengatakan Perdes Ternak itu memberikan kesempatan yang baik bagi petani untuk mengolah lahan dengan modal yang tak besar namun hasilnya maksimal.

“Saya sangat bersyukur dan berterimah kasih sebesar besarnya kepada pemerintah Desa Stadong atas diberlakukannya Perdes ini. Sebagai petani l, kami dapat bernapas lega. Pasalnya sudah bisa menanam tanaman bulanan tanpa perlu khawatir dengan gangguan ternak sapi maupun kambing,” tutur Amiruddin.

Kesyukuran Amiruddin atas situasi yang aman dari gangguan ternak, disebabkan saat ini ia bisa mendapatkan hasil panen kacang tanah yang cukup melimpah. Denagan benih sebanyak 120 Liter menghasilkan kurang lebih 300 kaleng kacang tanah yang belum di kupas.

Dengan hasil itu, jika dikonversi dengan Harga rata-rata Rp. 50.000 saja per kaleng, maka itu artinya ia bisa mengantongi hasil tanamannya sebesar Rp 15.000.000. Angka itu tentu sangat menunjang ekonomi keluarga untuk beberapa bulan di masa pandemi Covid-19.

Atas hasil yang yang diperoleh Amirudin itu, ia sangat bersyukur dan juga berterimakasih atas di berlakukannya Perdes Ternak oleh Pemerintah Desa Stadong.

“Makanya kami sebagai petani berharap pada Pemerintah Desa untuk tetap mempertahankan Perdes Ternak. Karena menurut kami cuma Desa Stadong yang sukses berlakukan Perdes Ternak,” imbuhnya.

Lebih lanjut Amiruddin berharap agar jangan berhenti sampai di sini untuk pengembangan pertanian dan perkebunan. Ia meminta Kepala Desa agar terus tingkatkan pertanian dan perkebunan. Itu agar pertanian dan perkebunan kembali jaya di Desa Stadong sehingga lahan-lahan tidur kembali produktif……….. (Aby).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Warga Giat Bertani Setelah Adanya Perdes Ternak, Begini Rencana Tindak Lanjut Kepala Desa Stadong

Fri Jan 29 , 2021
Kliknusantara.com | DAMPAL UTARA – Warga Desa Stadong Kecamatan Dampal Utara mulai giat bertani sejak diberlakukannya Perdes tentang Ternak oleh Pemerintah Desa Stadong beberapa waktu lalu. Kegiatan pertanian dan perkebunan di desa itu tak berkembang dengan baik karena banyaknya ternak berkeliaran baik siang maupun malam hari. Tanaman di ladang maupun […]