Camat Dondo Nilai Kades Luokmanipi Layak Jadi Teladan, Begini Kriterianya

Kliknusantara.Com [Dondo-Tolitoli] – Secara diam-diam, Camat Dondo memberikan penilaian kepada setiap Kades yang ada dalam wilayah koordinasinya.

Idham Khalisin,SPd., MPd., selaku Kepala Wilayah dapat memberikan penilaian tersendiri kepada 16 Kepala Desa terkait kepemimpinan dan kepemerintahannya.

Dari jumlah tersebut, menurut master pendidikan yang dipercaya menjabat sebagai Camat itu, Kades Luokmanipi adalah salah satu yang memiliki kelayakan untuk dikatakan yang ternbaik.

“Bisa dibilang Kades teladan diantara semua kades yang ada di Dondo,” ungkapnya.

Penilaiannya itu terkait keaptuhan Kades Luokmanipi dengan aturan dan menghargai pengarahan yang diberikan kepadanya. Terlebih lagi setiap ada undangan rapat untuk semua kades di kantor Camat Dondo, Kades Luokmanipi tidak pernah mangkir dari undangan tersebut.

Bahkan menurut amatan Idham, ia paling cepat datang, tidak pernah terlambat serta tidak perna diwakili oleh bawahanya di setiap undangan rapat.

“Padahal letak Luokmanipi ada di ujung berbatasan langsung dengan Kecamatan Dampal Utara. Kemudian jaringan telekomunikasi di desa itu tidak terjangkau,” terang Camat Dondo.

Jarak Desa Luokmanipi dari pusat pemerintahan kecamatan lebih dari 30 Km. Tak ada jaringn telekomunikasi yang memungkinkannya berkomunikasi secara lancar dengan Kecamatan maupun Kabupaten.

“Undangan rapat mesti diantar langsung, khawatir undangan rapatnya tidak tersampaikan tapi itu tidak jadi kendala bagi kades Luokmanipi, tetap saja dia datang menghadiri undangan rapat dan tidak diwakili selama undangan rapat tersebut tersampaikan di kantornya,” urai Idham saat berbincang dengan Kliknusantara.com di ruanganya pada Kamis (2/7/2020) baru lalu.

“Nanti kalau ada penghargaan saya akan berikan kepada Kades Luokmanipi atas loyalitasnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kades Luokmanipi saat media ini langsung mengkonfirmasinya, mengaku berterimahkasih atas penilaian Camat Dondo, Idham Khalisin, SPd., MPd.

Rusdin K Panessai membenarkan keterangan Camat atas kehadirannya memenuhi undangan rapat serta melaksanakan apa yang jadi arahan Camat.

“Betul apa yang di sampaikan pak Camat, setiap rapat saya selalu hadir dan tidak pernah diwakili. Alasan saya tidak mau diwakili, saya khawatir apa yang di sampaikan disaat rapat tidak sesuai apa yang di samapaikan perwakilan ke saya. Apa lagi sifatnya imformasi untuk warga,” tutirnya.

“Soal undangan rapat ke kantor Camat itu salah satu bentuk loyalitas kita sebagai bawahan terhadap atasan kita sebagai Camat atau Pimpinan kita. Masa pimpinan yang undang rapat kita tidak hadir,” ujar kades manipi sambil tersenyum.

Masih memurut Rusdin K Panessai, “saya sangat berterimahkasih atas penilaian pak Camat Dondo atas saya. Tapi semua itu saya lakukan semata mata loyalitas saya sebagai bawahan kepada pimpinan dan tidak ada tujuan tertentu”……… (Abi).

35b24349cfd79c2fca67650b87d971df

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Peduli Satwa Konservasi, Babinsa Ini Lindungi Penyu Di Pulau Derawan

Sun Jul 5 , 2020
Kliknusantara.Com [TANJUNG REDEB] – Selain mengemban fungsi pertahanan sebagai seorang prajurit TNI, seorang Babinsa di Pulau Derawan, Sertu Wisandy Yuliastriono Suwardi juga memiliki prinsip terkait kepeduliannya dengan kelestarian lingkunan serta konservasi. Pria yang akrab dipanggil Pak Babin oleh masyarakat setempat punya kesibukan menjaga lingkungan. Dia juga turut menjaga dan melestarikan […]