Buka TOT, Menteri Desa PDTT: Kapasitas Pendamping Desa Harus Ditingkatkan

Abdul Halim Iskandar, Menteri Desa PDTT

Klik Nusantara Com | JAKARTA – Keberadaan Pendamping Desa perlu terus ditingkatkan dengan diberikan pelatihan dan edukasi. Sebab Pendamping Desa merupakan elemen penting dalam pembangunan desa.

Penegasan itu disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, saat membuka acara Training of Trainer (TOT) Peningkatan Kapasitas Tenaga Pendamping Profesional di Jakarta, Selasa (17/11/2020).

“Saya ingin Pendamping Desa memiliki kapasitas yang di atas rata-rata pendamping dari Kementerian lain,” kata Abdul Halim Iskandar yang akrab d8sapa Gus Menteri.

Pendamping Desa, sebagai pendamping yang punya wilayah harus mampu memetakan masalah-masalah yang sedang dihadapi warga dampingannya. Termasuk persoalan kesehatan pun harus dipikirkan oleh Pendamping Desa. 

Pada kesempatan itu, Menteri berharap dengan Pendamping Desa yang kualifaid dapat membantu Sistem Informasi Desa yang update setiap saat. Dapat menyajikan wajah dan prototipe seluruh desa di Indonesia. 

Sistem tersebut dapat digunakan oleh semua lembaga dan kementerian sebagai referensi kebijakan. Pendamping Desa cukup menyajikan data kepada kementerian dan lembaga terkait apabila ada persoalan desa yang harus segera ditangani. 

“Dengan demikian, tidak ada overlapping intervensi dalam konteks percepatan pembangunan desa antara satu Kementerian dengan lainnya,” pungkasnya. 

Sumber: Humas Kemendes PDTT

#Desa Membangun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Rustam Akili-Diky Gobel Siap Makmurkan Rakyat Desa Kabupaten Gorontalo.

Fri Nov 20 , 2020
Salah Satu Program Unggulan yang Akan di Wujudkan Pasangan Rustam Akili-Diky Gobel (RA-DG) Jika diberi Amanah dan Kepercayaan Oleh Rakyat Kabupaten Gorontalo Sebagai Bupati dan Wakil Bupati pada 9 Desember 2020 ini, adalah Mengembangkan dan Memakmurkan Rakyat Desa,Baik Itu dibidang Pertanian,Perikanan,Pendidikan,Wirausaha Kecil dan Ekonomi Warga Desa, Kepala Desa Dan Perkawilan […]