BST dan BLT DD, Hembusan Kabar Tak Sedap Dari Desa Sandana?

Kliknusantara.com [Sandana-Tolitoli] – Kabar kurang sedap mengenai BLT Dana Desa dan Bantuan Sosial berhembus dari Desa Sandana Kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli.

Berkembang informasi dugaan penyelewengan atas jaring pengaman sosial berupa BLT DD dan BST di Desa Sandana. Mulai dari isu masyarakat terdaftar namun tak dapat bantuan, dapat bantuan ganda dan lebih hebatnya lagi dugaan aparat desa masuk daftar penerima bantuan.

Informasi yang diperoleh media ini menyebutkan danya nama Zainuddin yang diduga adalah nama Kepala Desa Sandana masuk daftar penerima bantuan tersebut.

Untuk mengecek kebenaran informasi itu, Redaksi mencoba melakukan konfirmasi kepada Kepala Desa Sandana, Zainudin atau yang dikenal akarab dengan Sarkodes melalui nomor whtsaappnya.

Sayangnya nomor WA yang bersangkutan tidak aktif dan sulit terkonfirmasi.

Kembali Redaksi mencoba konfirmasi kepada Sekretaris Desa Sandana, melalui WA. Dari komunikasi WA terhubung dengan baik atas nama Ribaz Basri. Namun ketika dikonfirmasi kebenaran informasi yang detetima redaksi tersebut, ia tidak memberi jawaban selain meminta konfirmasi langsung kepada Kepala Desa.

“Maaf pak kalau boleh, konfirmasi dengan pak Kades saja pak,” jawab Sekdes Sandana saat dihubungi Kamis malam (4/6/2020).

Saat diberitahu bahwa Kades telah di hubungi melalui jaringan seluler namun tak dapat terhubung, Sekdes meminta untuk menelpon langsung kepada Kades.

“Ditelpon pak,” saran Sekdes melalui pesan whatsapp.

Diketahui, Bantuan Sosial digelontorkan pemerinta dalam berbagai bentuk sebagai jaring pengaman sosial atas dampak bencana non alam Covid-19. Bantuan itu diturunkan di tengah pandemi Covid-19 yang turut melanda daerah seantero negeri Indonesia.

Bagi masyarakat di Desa, selain mendapat jaring pengaman lainnya, juga mendapat Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Bantuan Langsung Tunai yang dianggarkan melalui dana desa yang dikenal dengan BLT Dana Desa.

Bagi masyarakat yang telah mendapatkan salah satu dari jenis bantuan yang ada, tak boleh lagi mendapatkan bantuan lainnya. Khusus BLT Dana Desa, diperuntukkan bagi warga yang terdampak Covid-19 seperti yang kena PHK, atau menderita penyakit kronis dan belum tercover dalam jenis bantuan yang telah ada.

Hingga berita ini ditayangkan, belum diperoleh konfirmasi dari Zainudin selaku Kepala Desa Sandana. Namun masih terus diupayakan. Setelah didapatkan keterangan dari yang bersangkutan, Redaksi akan menurunkan berita khusus konfirmasinya…… (****).

35b24349cfd79c2fca67650b87d971df

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Dirlantas Polda Sulteng Rilis Angka Lakalantas Dimasa Pandemi Covid-19, Korban dan Pelaku Terbanyak Usia Pelajar

Fri Jun 5 , 2020
Dirlantas Polda Sulaawesi Tengah, Kombes Polisi Kingkin Winisuda, SH., SIK. Kliknusantara.com [Sulteng] – Upaya Direktorat Lalu Lintas Polda Sulteng beserta seluruh jajarannya dibawah pimpinan Kombes Polisi Kingkin Winisuda, SH., SIK., terus melakukan harkamtibmas dalam bidang keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) semenjak penetapan pandemi covid-19 di tanah air. […]