Bernilai Ekonomis, Kades Sibaluton Motori Warganya Tanam Nilam

Kades Sibaluton, Sudirman PS, motori warganya tanam Nilam

Kliknusantara.com | SIBALUTON – Tanaman Nilam jadi komoditi yang di gemari petani yang ada di beberapa kecamatan di Kabupaten Tolitoli saat ini.

Tingginya nilai ekonomis minyak hasil proses penyulingan tanaman rimbun dengan aroma khas itu menggiurkan banyak pihak dan menarik minat untuk menanamnya.

Salah satu desa yang sedang bersemangat menanam tanaman perdu yang juga pernah booming di Tolitoli beberapa waktu silam itu, Desa Sibaluton.

Warga desa yang masuk wilayah Kecamatan Basidondo berbatasan langsung dengan Kecamatan Dondo ini terdorong menekuni tanaman Nilam setelah mengetahui tingginya nilai ekonomis pasaran minyak Nilam saat ini.

Adalah Kepala Desa Sibaluton, Sudirman PS, menjadi pendorong utama warganya menanam Nilam. Ia memotori masyarakatnya menanam Nilam sebagai upaya meningkatkan perekonomian warganya.

Tanaman Nilam milik warga Desa Sibaluton

Sudirman memiliki optimisme yang kuat tanaman itu bisa jadi andalan. Proses produksinya tergolong mudah dan sederhana. Baik dari sisi penanaman, pemeliharaan, panen hingga penyulingannya. Apalagi saat ini tungku penyulingan tersedia begitu banyak.

Keterlibatan Kades Sudirman sebagai penggerak, menjadi penyemangat warganya untuk ikut menanam tanaman tersebut. Hampir semua warga mengikuti jejaknya menanam Nilam.

“Kini warga Sibaluton sudah capai 95 persen yang menanam Nilam,” ungkap Sudirman.

rimbun satunya desa sibaluton di desa ini perkembangan nilam di akhir akhir ini semakin pesat bukti dari semua itu warga sibaluton minatnya menanam nilam semakin meningkat pesat.

Tungku penyulingan Minyak Nilam di Desa Sibaluton

Penelusuran Awak Liputan Desa Membangun mendapatkan penituran warga bahwa pada awalnya tanaman Nilam di desa ini hanya sebahagian kecil warga yang minat.

Namun jika melihat kondisi saat ini, keadaan jadi berbalik. Dalam waktu relatif singkat, warga semakin banyak yang menanamnya.

Semangat warga menanam Nilam tidak lepas dari sosok Sang Kepala Desa, Sudirman PS. Tokoh ini memotivasi mereka semua terdorong menanam.

Penuturan warga setempat, Sudirman samgat giat menghimbau dan memotivasi warganya menanam Nilam. Ia bahkan terjun langsung menanam nilam di lahannya sendiri dengan luasan 2 Ha.

Langkahnya itu sebagai contoh agar warga sibaluton termotivasi untuk lebih giat menanam Nilam.

Proses pengolahan produksi minyak nilam

Saat ditemui media ini, Sudirman PS yang juga Kades Sibaluton itu mengatakan bahwa semua upaya yang dilakukan semata-mata untuk menambah pendapatan warganya apalagi di masa pandemi covid -19

“Sekarang saya turun langsung menanam di lahan sendiri sebagai contoh ke warga saya, dengan begitu mereka sadar dengan sendirinya, dan termotivasi untuk menanam,” jelasnya.

Dikatakan Sudirman, “adanya bantuan Allah SWT melalui tanaman Nilam warga saya jadi miliki pendapatan yang jelas. Sekarang warga Sibaluton sampai miliki Nilam 3000 pohon per satu orang”.

Proses memasak daun Nilam untuk diambil minyaknya menggunakan tungku besar

Menurut Sudirman, 3.000 pohon per orang itu, lumayan bisa meningkatkan perekonomian keluarga dari masyarakatnya.

Meski demikian, menurut Sudirman, tentu harga Nilam tidak akan selamanya berada di harga yang tinggi. Pasti ada fluktuasi. Oleh karena itu ia selalu berpesan ke warganya jangan patah semangat kalau harga nilam naik turun.

“Tetap semangat dan tanam terus, biasa terjadi seperti itu, intinya kalau ada yang di tanam ada harapan yang di tunggu hasilnya,” ujar Kades Sibaluton itu……. (Abi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Danramil 1906/Sukatani Tinjau Pemuda Tani GNI-Berbangsa Purwakarta di Kelurahan Cipaisan

Fri Oct 16 , 2020
Kliknusantara.com | PURWAKARTA – Di masa Pandemi Covid-19, sebagian aktivitas dari berbagai macam kegiatan banyak yang terhenti hingga mengganggu pendapatan ekonomi rakyat. Tapi hal ini dibantah oleh Sutisna Sonjaya selaku Ketua pemuda tani Green Network Indonesia Bersama Membangun Bangsa (GNI-BERBANGSA) Ranting I Kelurahan Cipaisan, dengan mempertahankan ketahanan pangan dengan memberdayakan […]