Bernilai Ekonomi Tinggi, Kepala Desa Salumpaga Lirik Tanaman Porang

Kepala Desa Salumpaga, Kecamatan Tolitoli Utara, Ruspan Hendrik bersama istri.

Kliknusantara.com | TOLITOLI UTARA – Belakangan ini tanaman Porang bernilai ekonomi tinggi. Tanaman berumbi itu cukup menggiurkan bagi banyak kalangan. Berbagai daerah mulai mengembangkannya.

Kabar tingginya harga bahan pangan yang populer bagi orang Jepang itu membuat Kepala Desa Salumpaga, Tolitoli Utara, Ruspan Hendrik, SE., tergerak untuk mengembangkan dan menjadikannya sebagai komoditi utama di desanya.

Menurut Ruspan Hendrik saat ditemui awak Liputan Desa Membangun di kediamannya, Selasa (02/2/2021), komoditi Porang dapat menjadi solusi memperbaiki perekonomian sekaligus meningkatkan pendapatan Desa Salumpaga.

Karena potensinya cukup baik, didukung dengan ketersediaan lahan serta cocok untuk Porang, Kepala Desa ini sedang mencarikan cara yang paling baik dan cepat. Ia pun bermaksud mengadakan bibit tanaman porang melalui pengangguran di Dana Desa.

“Dalam masa pandemi seperti saat ini selain BLT kepada masyarakat kami juga berencana meningkatkan PAD dengan cara mengadakan bibit porang untuk kemudian dibudidayakan. Tanaman itu sedang populer diberbagai daerah karena mempunyai umbi yang harganya mahal serta sangat dicari dipasaran lokal dan internasional,” katanya.

“Maka kami ingin Desa Salumpaga ini menjadi desa terdepan yang membudidayakan tanaman Porang di Kabupaten Tolitoli ini,” tambahnya dengan nada bersemangat.

Wala begitu pihaknya juga harus realistis. Untuk itu belum bisa memastikan bisa dijalankan rencana tersebut karena untuk tahun 2021 anggaran Dana Desa (DD) masi harus tersedot dalam program BLT DD.

Ruspan sendiri sedang mengkaji peluang dalam pengadaan tanaman tersebut dari Dana Desa dengan program yang sifatnya Padat Karya Tunai Desa (PKTD). Dengan itu seluruh masyarakat Desa Salumpaga bisa membudidayakan tanaman porang. Selain dapat memberi pendapatan (income) bagi masyarakat Desa Salumpaga, juga menjadi program meningkatkan Pendapatan Asli Desa.

Untuk itu, sebagai Kepala Desa, pihaknya berharap agar DD tahun 2021 bisa mengcover semua kegiatan yang sudah direncanakan.

“Kami selaku pemerintah desa, berharap pagu anggaran dana desa bisa memenuhi apa yang sudah kami rencanakan,” harap yang akrab disapa Bang Ogin itu…… (ELN).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Polri Terbitkan Surat Telegram Dukung Rencana PPKM Skala Mikro Hingga Tingkat RT/RW

Thu Feb 4 , 2021
Kliknusantara.com | JAKARTA – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menerbitkan Surat Telegram guna mendukung rencana penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro hingga tingkat RT/RW. Surat Telegram dengan nomor ST/203/II/Ops.2./2021 itu ditandatangani atas nama Kapolri oleh Kabaharkam Polri selaku Kaopspus Aman Nusa II Penanganan COVID-19, Komjen Pol Agus Andrianto, […]