Dihadiri Kakanwil Kemenkumham Sulteng, Mulyadi Dg. Silasa Lantik Gudep Pengayoman Pramuka Lapas Kelas II B Tolitoli

Kliknusantara.com, Tolitoli-Sulteng | Sedang berkunjung di Tolitoli, Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sulawesi Tengah Lilik Sujandi Bc.IP. S.IP, MSi hadiri pengukuhan Pengurus Gugus Depan Pengayoman Gerakan Pramuka Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Tambun, Kabupaten Tolitoli, Sabtu (12/9/2020).

Pengurus Gudep Pengayoman Lapas Kelas II B Tambun ini di Ketuai Gamal Bardi,Bc.IP SH.MH yang juga Kepala Lapas dan dilantik oleh Ketua Harian Kwartir Cabang Pramuka Tolitoli Mulyadi Dg. Silasa,SH,,MH.

Pelantikan itu dihadiri Bupati Tolitoli sekaligus majelis Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tolitoli, yang diwaliki Asisten Tiga Tolitoli Ir.Hardian, M.Si, Unsur Forkopimda Tolitoli, serta warga binaan Lapas Kelas II B Tambun.

Kakanwil Kemenkumham Sulteng Lilik Sujandi, Bc,IP, S.IP, M.Si, mengatakan bahwa gerakan pramuka sengaja dibentuk di semua Lapas untuk dijadikan sebagai satuan komunitas pengayoman untuk membina narapidana.

Gerakan pramuka sangat penting untuk pembinaan karakter bagi generasi muda, khususnya warga binaan Lapas karena banyak hal yang jadi pembelajaran karena melalui kegiatan pramuka mereka bisa mengajak warga binaan lainnya untuk lebih tertib.

“Selama menjadi Kakanwil, saya selalu menyelesaikan masalah-maslaah didalam Lapas lewat gerakan pramuka, karena pramuka memiliki model peran untuk membina dan menyampaikan kebaikan kepada kawan-kawan mereka,” ujar Lilik yang sebelumnya menjabat Kakanwil Kemenkumham Aceh itu.

Ia berharap anggota Gudep Pengayoman Lapas Tolitoli bisa mengajak semua teman-teman mereka dalam memaknai perjuangan pramuka, dan menjadikan gerakan pramuka sebagai ajang untuk berprestasi.

Sementara itu Asisten Tiga Tolitoli Ir,Hardian,M.Si, mengapresiasi pembentukan Gudep Pengayoman Lapas Tolitoli.

Gerakan pramuka ini sangat penting dalam mengubah pola pikir dan karakter generasi muda, khususnya warga binaan Lapas. Sehingga saat kembali ke masyarakat nanti mereka sudah siap den gan karakter yang baik dan memiliki keterampilan untuk hidup mandiri dan berprestasi.

Asisten Tiga Tolitoli mendorong semua organisasi pemerintah daerah (OPD) untuk segera membentuk gugus depan pramuka di satuannya masing-masing dan yang sudah terbentuk, segera melaksanakan kegiatan-kegiatan.

“Mari kita ramaikan daerah dan masyarakat kita kegiatan-kegiatan bermanfaat melalui gerakan pramuka, tetapi pramuka jangan ditunggangi dengan isu-isu politik sehubungan dengan suasana pilkada tingkat kabupaten dan provinsi yang sedang berlangsung,” ujarnya…. (Ans).

35b24349cfd79c2fca67650b87d971df

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Sebagai Perpanjangan Tangan Dinsos Provinsi, KSB Kecamatan Dondo Bergerak Menyalurkan Bantuan Korban Banjir Desa Ogowele

Sat Sep 12 , 2020
Kliknusantara.com, Dondo–Tolitoli | Intensitas curah hujan yang cukup tinggi yang terjadi dalam bulan terakhir ini mengakibatkan terjadinya bencana banjir, khususnya di Desa Ogowele Kec. Dondo, Kab. Tolitoli. Tercatat banjir terakhir terjadi hari ini, Sabtu (12/9/2020). Kampung Siaga Bencana (KSB) sebagai Organisasi sosial dan menjadi perpanjangan tangan dari Taruna Siaga Bencana […]