Banjir Permintaan, Penyedia Bibit Kakao Sambung Pucuk Di Desa Kongkomos Kewalahan

Kliknusantara.com [Kongkomos-Tolitoli] – Penyedia bibit Kakao Sambung Pucuk di Desa Kongkomos kewalahan memenuhi permintaan yang semakin meningkat belakangan ini. Permintaan bukan hanya dari dalam desa, dari luar pun kian meningkat.

Asmuni, salah seorang penyedia bibit kakao sambung pucuk di Desa Kongkomos kepada media ini mengaku sudah kewalahan melayani permintaan masyarakat. Kemampuan yang pembibitan yang dimilikinya masih terbatas.

“Bukan hanya dari warga Desa Kongkomos tapi juga dari luar desa, ungkapnya.

Meningkatnya permintaan itu berkaitan ditemukannya teknik perawatan kakao yang efektif dan efisien beberapa bulan terakhir ini. Petani Kakao kembali merawat kebunny yang telah lama dibiarkan terlantar.

Untuk mememnuhi sebagiapermintaan, sementara waktu Asmuni menggandeng penyedia bibit dari luar Desa Kongkomos. Meski demikian permintaan terus saja berdatangan.

“Baru kemarin ini melayani permintaan dari Desa Labonu sebanyak 1.000 pohon,” ujarnya.

Penyedia bibit lainnya, mengemukakan hal yang sama dengan Asmuni. Ahmad Yani menurukan, permintaan bibit kepadanya juga terus berdatangan. Namun karena kesibukan ia mengaku hanya melayani dari dalam desa Kongkomos.

“Permintaan di sini saja, saya tidak mampu layani semua,” akunya.

Sementara itu, menanggapi situasi di desanya tersebut, Kades Kongkomos, Drs. Moh. Nur mengaku hal itu sangat menggembirakan.

Ia mengatakan, hal tersebutmerupakan salah satu peluang usaha yang perlu disupport karena dapat berimbas pada terbukanya lapangan kerja. Sekaligus akan mendorong tumbuhnya perekonomian masyarakat.

Moh. Nur berencana mengalokasikan anggaran Dana Desa untuk penyediaan fasilitas pembibitan maupun pengadaan bibit kakao sambung pucuk tersebut.

“Saya berharap mudah-mudahan anggaran tahun depan melalui dana desa bisa dialokasikan untuk mendukung program pembibitan,” cetusnya….. (****).

35b24349cfd79c2fca67650b87d971df

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Peduli Kesehatan Balita, Babinsa Penajam Dampingi Kegiatan Posyandu di Wilayah Binaan

Mon Jun 15 , 2020
Kliknusantara.Com [PENAJAM] – Bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat khususnya bagi ibu hamil dan balita di wilayah binaan, Babinsa Koramil 0913-01/Penajam Kodim 0913/Penajam Paser Utara (PPU) Serda Herry melaksanakan pendampingan kegiatan Posyandu yang bertempat di Aula Kelurahan Tanjung Tengah Kecamatan Penajam Kabupaten PPU, Senin (15/6/2020). Posyandu merupakan kegiatan kesehatan yang diselenggarakan […]