Antisipasi Bencana, Babinsa Kodim 0913/PPU Ikuti Latihan Simulasi Penanganan Karhutla

PENAJAM – Guna mengantisipasi musim kemarau serta hal-hal yang mungkin akan terjadi di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara,sejumlah personil Babinsa dari Perwakilan tiap Koramil jajaran Kodim 0913/PPU mengikuti kegiatan Pelatihan simulasi penaganan karhutla menggunakan aplikasi lembuswana yang bertempat di halaman Mapolres PPU.Jum’at (19/3/2021)

Skenario simulasi penanganan Karhutla ini menggunakan aplikasi Lembuswana,dan diasumsikan berdasarkan dengan aplikasi lembuswana bahwa telah terdapat titik hospot diwilayah Desa Giripurwa Kec. Penajam Kab. PPU. Berdasarkan informasi tersebut kemudian Bhabinkamtibnas dan Babinsa Desa Giripurwa melakukan pengecekan ke titik hospot dengan membawa alat pemadam manual.Dikarenakan pemadaman secara manual maupun pemadam dari Polres tidak mampu maka di bantu dengan satgas Karhutla Kab PPU.

Kadis DPKP Pahlawan Sahrani S.Sos menyampaikan,” Simulasi ini merupakan gambaran atau simulasi yang ada di lapangan dan perlunya kesiapsiagaan kita semuanya serta perlunya juga sinergitas antara seluruh instansi terkait dan masyarakat yang peduli api yang ada di Kab PPU,”kata Sahrani.

Sementara itu Kapten Inf Imam Syafi’I menyampaikan,”Bahwa ada beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi kebakaran hutan antara lain jenis bahan bakar, topografi lahan, hidrologi, cuaca, iklim,dan rambu-rambu kebakaran serta ketidak pedulian masyarakat penyebab kebakaran lahan dan hutan secara umum disebabkan oleh alam dan faktor manusia itu sendiri,”Kata Danramil 01/Pnj yang sekaligus merangkap sebagai Pasiops tersebut.

“Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan seluruh warga mengetahui dan segera tanggap bagaimana penanganan dan gerakan bilamana ada bencana alam yang tidak kita duga,” ungkap Danramil.

Dalam kegiatan simulasi tersebut di hadiri oleh, Kabag Ops Resppu Kompol I Nyonya Suteja,Pasi Ops Dim 0913/PPU Kapten Inf Imam Syafi’I,Kadis DPKP Pahlawan Sahrani S.Sos,Kalak BPBD PPU Marjani S.Pd,MM,Kadis pertanian Mulyono,Kabid PAPM Satpol PP Andi Hasparullah ,Anggota Kodim 0913/PPU,Anggota Polres PPU,Anggota Satpol PP,Tim Manggala Agni ,Masyarakat Peduli Api Arifuddin Serta instansi terkait . Sumber Dim 0913/PPU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Danrem Tekankan, Seleksi Tamtama PK TNI AD Jangan Ada Menjadi Calo Dan Meminta Bayaran

Sat Mar 20 , 2021
SAMARINDA.— Komandan Korem (Danrem) 091/ASN, Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro, S.I.P.,M.Si. memimpin sidang Parade Calon Tamtama PK TNI AD Gelombang I TA 2021 Subpanda Samarinda Korem 091/ASN Kodam VI/Mulawarman (Mlw), Jum’at (19/3/2021). Parade Pemilihan Calon Tamtama PK TNI AD Gelombang I TA 2021 ditingkat Panitia Daerah yang akan diikuti oleh […]