Antisipasi Banjir, Kodim dan Satpol PP Bersama Warga Bersihkan Saluran Air

Kodim dan Satpol PP Bersama Warga Bersihkan Saluran Air mengantisipasi banjir

Kliknusantara.com | TOLITOLI – Puluhan anggota TNI jajaran Kodim 1305 Buol Tolitoli dan Satpol PP bahu-membahu bekerja bakti membersihkan saluran air di Kelurahan Tuweley, Kecamatan Baolan.

Kegiatan yang dikemas dalam program Karyabakti TNI Nyata Pengabdian Untuk Rakyat ini untuk mengantisipasi musim penghujan salah satunya bencana banjir.

Kasdim 1305 Buol Tolitoli, Mayor Inf Iko Power mengatakan, pihaknya meminta masyarakat dan anggotanya untuk memaksimalkan pembersihan selokan. Tujuannya agar sungai tidak tersumbat sampah yang berpotensi mengakibatkan banjir.

“Bencana alam tidak bisa diduga. Karena itu, giatkan karya bakti dan antisipasi mulai dari hal-hal yang kecil. Seperti membersihkan lingkungan sendiri sampai membersihkan sungai,” katanya saat menggelar karya bakti.

Dalam kesempatan itu, pihaknya menurunkan puluhan personel TNI yang dibantu Satuan Polisi Pamong Praja, para relawan dan warga masyarakat Tuweley.

Menurut Kasdim, dirinya sengaja menerjunkan anggotanya untuk memotivasi masyarakat agar mau bersama-sama untuk melaksanakan karya bakti membersihkan sampah ketika memasuki musim hujan.

“Sekaligus saya menghimbau kepada masyarakat luas agar waspada akan bencana dan melakukan tindakan-tindakan antisipatif, terutama dari bahaya banjir,” tuturnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Satpol PP Kabupaten Tolitoli, Samsuh M. Saleh mengungkapkan, kegiatan yang diinisiasi Kodim 1305 BT terlihat warga sekitar turut serta bergabung dalam kegiatan tersebut, dengan harapan warga akan merasa memiliki sehingga akan timbul kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

“ Mari kita jaga lingkungan agar tetap bersih dan rapi, dengan membudayakan membuang sampah pada tempatnya. Sehingga sungai bisa menjadi bersih,” ungkapnya.

Selain antisipasi banjir, bersih-bersih sampah itu bertujuan untuk memperlancar arus air. Sebab, tumpukan sampah itu membuat aliran air terhambat. Kegiatan dimaksudkan untuk memperlancar aliran air agar tidak menyebabkan terjadinya genangan atau banjir.

” Kerja bakti bersama membersihkan saluran air agar aliran air lancar dan tidak banjir,” tambah Samsu……. (AN34)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Ketua BPD Terpilih Dorong Desa Lingkis Jadi Desa Wisata

Wed Oct 28 , 2020
Kliknusantara.com | JEJAWI – Ketua terpilih Badan Perwakilan Desa (BPD) Lingkis, Masturi Ahmad, mendorong pengembangan pariwisata di Desa Lingkis Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan. Masturi berharap kedepannya Lingkis bisa dikenal dengan Desa Wisata yang bisa menjadi tempat berekreasi bagi warga Lingkis maupun warga dari luar desa. […]