Idul Adha 1445 h 2024

Polres Pasaman Barat kawal Aksi bela Palestina demi Kamtibmas

$rows[judul]

Pasaman Barat,Kliknusantara.com | Polres Pasaman Barat melakukan pengamanan dan pengaturan lalu lintas kegiatan pengamanan long march aksi solidaritas bela Palestina yang dihadiri ribuan orang masyarakat Pasaman Barat yang berpusat di halaman Masjid Agung Baitul Ilmi yang berada di Jorong Pasaman Baru, Nagari Lingkuang Aua Barat, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sabtu (18/11).

Pengamanan kegiatan yang dimulai pada pukul 05.00 Wib itu dimulai pada saat massa Peduli Palestina yang berjumlah ribuan itu berkumpul halaman Masjid Baitul Ilmi, kemudian dilanjutkan dengan aksi long march rute dari Masjid Baitul Ilmi menuju Jalur 32 kemudian kembali lagi ke Masjid Agung Baitul Ilmi.

Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki yang langsung memimpin kegiatan tersebut mengatakan, pengamanan kegiatan yang digelar oleh Aliansi Masyarakat Pasaman Barat Peduli Palestina (AMPB-PP) tersebut dilakukan guna mengantisipasi kerawanan terhadap gangguan kamtibmas.

“Sehingga perlu dilakukan upaya preventif guna mencegah gangguan kamtibmas dan memberikan jaminan keamanan selama kegiatan berlangsung,” ujar Kapolres di sela-sela kegiatan pengamanan.

AKBP Agung Basuki menjelaskan, pengamanan dilakukan dengan melibatkan 50 personel Polres Pasaman Barat dan dibantu Instansi terkait seperti personel TNI dari Koramil 02/Simpang Empat, Kodim 0305/Pasaman, Sat Pol PP, Dinas Perhubungan Kabupaten Pasaman Barat serta organisasi kemasyarakatan lainnya.

“Kita libatkan puluhan personel gabungan baik itu Reskrim, Lalu lintas, Samapta, Intelijen, Provos serta anggota Polsek untuk melakukan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas dengan dibantu dari Instansi terkait mulai dari personel TNI dan unsur pemerintah lainnya,” ujarnya.

AKBP Agung Basuki menjelaskan, pengamanan dilakukan dengan cara menempatkan personel yang berpakaian dinas maupun yang berpakaian sipil pada lokasi titik kumpul di halaman Masjid Agung Baitul Ilmi.

Kemudian beberapa personel lagi ditempatkan di persimpangan rute yang akan dilalui rombongan dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman selama kegiatan berlangsung, selain itu pihaknya juga melakukan rekayasa arus lalu lintas. 

“Kita telah tempatkan beberapa personel pada beberapa rute yang akan dilalui rombongan, serta kita juga melakukan rekayasa lalu lintas agar pengguna jalan yang lain tidak terganggu dengan aksi yang berakhir pada pukul 10.45 Wib ini,” ucap Kapolres.

Menurut Kapolres, pengamanan dilakukan tidak hanya berfokus pada rombongan aksi bela Palestina, namun kepada masyarakat pengguna jalan lainnya juga kita beri pengamanan, agar tercipta situasi yang kondusif dan antisipasi berbagai tindak kejahatan yang mungkin dapat terjadi.

“Ini merupakan upaya kami dari aparat Kepolisian dalam mengamankan, tidak hanya peserta rombongan long march namun masyarakat lainnya juga kita amankan, agar tercipta suasana aman dan kondusif,” ucapnya.

Adapun pengaturan lalu lintas berupa pengalihan jalur, lanjut Kapolres, dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan dan penumpukan kendaraan serta melakukan pengamanan kendaraan pada kantong-kantong parkir.

“Kita telah siagakan personel untuk meminimalisir kemacetan lalu lintas, serta kita juga melakukan pengamanan pada kantong-kantong parkir sebagai langkah awal mengantisipasi terjadinya tindak pidana curanmor,” tutup Kapolres. (Roni Mangkuto)

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)