Hari Bhayangkara

Bappeda Tolitoli Rilis Data IDM, Sudah Tak Ada Status Tertinggal, Desa Mandiri Bertambah

$rows[judul]
TOLITOLI, Kliknusantara.Com| Bappeda Tolitoli rilis data IDM (Indeks Desa Membangun) untuk tahun 2024. Terdapat 4 desa kategori mandiri, 51 desa maju, 48 desa berkembang dalam setingan waktu 2021-2024. Dengan demikian, tak ada lagi desa yang berstatus tertinggal apalagi sangat tertinggal dari 103 desa yang ada di Kabupaten Tolitoli Sulawesi Tengah saat ini. 

Dari akun FB yang mengatasnamakan Bappeda Tolitoli itu dijelaskan bahwa Indeks Desa Membangun (IDM) merupakan Indeks Komposit yang dibentuk berdasarkan tiga indeks, yaitu Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan.

Diungkapkan bahwa dalam pengukuran IDM tersebut, desa diklasifikasi ke dalam dalam lima status, yakni: Desa Sangat Tertinggal, Desa Tertinggal, Desa Berkembang, Desa Maju, dan Desa Mandiri.

Diketahui, Indeks Desa Membangun (IDM) adalah instrumen pengukuran kemajuan dan kemandirian desa yang dikembangkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Instrumen ini digunakan sebagai alat mengukur tingkat perkembangan desa secara nasional dalam konteks SDGs (Sustainable Development Goals). 

Sayangnya tak ada penjelasan lebih rinci mengenai data pendukung kategorisasi dalam rilis data tersebut. Demikian pula tak ada penjelasan mengenai kondisi ril yang detail tentang desa yang mengalami peningkatan status terkait variabel ketahanan sosial, ketahanan ekonomi dan lingkungannya. 

Respon netizen atas rilis data itu mempertanyakan gambaran rinci keadaan desa yang mengalami perubahan status tersebut. Substansi pertanyaan mengemuka lebih pada rasionalisasi kemajuan secara signifikan yang menunjukkan adanya capaian prestasi kinerja pembangunan di desa tersebut. 

Tentu bertambahnya jumla desa mandiri memberi tantangan tersendiri kepada desa tersebut mengenai status yang disandangnya. Disebutkan desa yang berada pada kategori puncak, status mandiri adalah desa Kalangkangan, Tinabogan, Malala dan Desa Soni.... ****

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)