Hari Bhayangkara

Alih Fungsi Lahan Persawahan di Musi Rawas semakin Menjadi-jadi, Zainuri Akan Demo.

$rows[judul]

Musi Rawas - Kliknusantara.com | Bupati Hj. Ratna Machmud Targetkan Musi Rawas Jadi Lumbung Pangan Nomor 1. Sehingga menerima penghargaan tingkat nasional atas dedikasinya dalam memajukan sektor pertanian di Kabupaten Musi Rawas.


Penghargaan tersebut berupa tanda kehormatan Satyalencana Wira Karya yang diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, melalui Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. Acara penghargaan ini berlangsung pada puncak kegiatan Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan Indonesia XVI di Koto Tengah, Kota Padang, Sumatera Barat, Sabtu (10/6/2023).


Penghargaan ini menjadi bukti apresiasi pemerintah terhadap kerja keras Bupati Hj. Ratna Machmud dalam membangun sektor pertanian di Kabupaten Musi Rawas. Dedikasi dan inovasinya telah mendorong pertanian di daerah tersebut menjadi salah satu lumbung pangan nasional.


Namun hal itu diduga bertolak belakang dengan Dinas Pertanian dan Perternakan Kabupaten Musi Rawas. Sebab dari pantauan awak media makin lama lahan pertanian persawahan di Kabupaten Musi Rawas akan semakin berkurang.

Karena alih fungsi lahan makin menjadi-jadi di Kabupaten Musi Rawas mengakibatkan makin sempitnya lahan persawahannya.


Sebagaimana disampaikan oleh Zainuri Aktivis ternama di Musi Rawas kepada awak media. "kami sangat apresiasi dan bangga atas pencapaian Hj. Ratna Mahmud menerima penghargaan tingkat nasional atas dedikasinya dalam memajukan sektor pertanian di Kabupaten Musi Rawas. Namun hal tersebut sepertinya bertolak belakang apa yang terjadi di lapangan.


Dikarenakan dugaan tidak adanya pengawasan dan penindakan oleh Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Musi Rawas, terkait dugaan banyaknya alih fungsi lahan persawahan menjadi Tempat Usaha, Ruko, Kolam Ikan dan Perusahaan." Jelasnya (3/7/2024)


Lanjut Zainuri, "Alih fungsi lahan ini diduga terjadi tiap tahun. Namun hingga detik ini belum ada tindakan tegas dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Musi Rawas. Untuk itu kami mendesak Bupati Musi Rawas copot Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan yang menjabat sekarang.


Segerah digantikan dengan orang yang mampu mempertahankan dan mengembangkan Pertanian di Kabupaten. Sehingga target Bupati Musi Rawas tercapai untuk menjadikan lumbung pangan nomor 1. Dalam waktu Dekat Kami akan lakukan aksi Demo terkait Persoalan tetsebut" Tegas Zainuri.(rk)

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)